Mengenal Ciri Bacan Akibat Kesalahan Manusia

Selain karakter-karakter bahan bacan dengan Cara mengenal karakter tipe bahan bacan bentukan alam, karakter bahan bacan pada artikel ini umumnya terjadi karena bentukkan penggali, si pemilik atau penjual bahan bacan, seperti:

  1. Kesalahan saat dilakukan cara merawat bacan
    Akibat kesalahan dalam cara merawat bacan, bahan atau batu akik dapat saja mengalami kerusakan. Ciri kerusakan yang mudah terlihat adalah badan bacan terlihat coklat menghitam, ada bagian-bagian yang seperti terbakar, warna hijau bacan yang mati (berwarna hijau solid sedikit kekuningan), sisi-sisi badan bahan bacan yang gompelnya tajam-tajam. Umumnya kesalahan perawatan adalah saat melakukan pemanasan bahan dengan rekayasa suhu atau rusak karena pemakaian zat kimia tertentu.
     
  2. Kesalahan saat penggalian bahan bacan atau prosedur membagi (memotong) bahan bacan ke bentuk yang lebih kecil
    kesalahan yang dilakukan adalah ketika penggalian bahan bacan yang secara sengaja maupun tak sengaja terkena hantaman keras pada bahan bacan. Dapat juga karena kesalahan karena membagi bahan dengan cara memukulnya dengan palu besar atau kesalahan pada saat pemotongan dengan mesin potong yang mata gergajinya tidak seimbang putarannya (tidak senter). Rusaknya bahan bacan akibat kesalahan ini ditandai dengan adanya urat-urat patahan batu atau biasa disebut crack atau retakan. Kerusakan ini kadang tak bisa dilihat kasat mata, anda butuh kaca pembesar untuk melihatnya.
cara merawat bacan
Demikian beberapa karakter atau tipe bahan bacan atau batu akik bacan yang bisa menjadi panduan dalam memilih bahan yang akan dibeli. Semoga artikel ini dapat meminimalasir kerugian anda.

1 comments:

  1. Pagi gan,sepertinya saya mengalami kejadian seperti point pertama,bahan bacan hijau pekat dan sisi2nya tajam... cara memperbaikin keadaan tsb seperti apa ya gan... saya harap bisa membantu,trims...

    ReplyDelete

 

Copyright © Cara Merawat Bacan Powered by Equatropica | Supported web Info-nya Mancing