Cara Merawat Bacan Kristal

Bacan kristal yang sudah diikat menjadi cincin juga perlu dirawat agar koleksi batu bacan anda itu senantiasa terpelihara kwalitasnya dan tidak mudah rusak. Apalagi kita tahu bahwa Batu Bacan adalah primadona bagi penggemar batu akik. Cara merawat bacan kristal ini sebenarnya sama dengan treatment perawatan batu akik lainnya. Jika anda takut salah dalam merawatnya, bawa saja ke toko perhiasan atau kios batu mulia dan serahkan perawatan cincin batu akik bacan anda sama mereka, dengan membayarnya tentu saja.

Dasar pemikiran tentang cara merawat bacan atau bagaimana treatment untuk meningkatkan kwalitas bacan sebenarnya sederhana saja, yakni dengan simulasi suhu atau merekayasa suhu yang didapat batu selama masa treatment.

Langkah-langkah Cara Merawat Bacan Kristal

  • Rendam batu akik bacan dalam air sebentar saja, angkat dan bersihkan dengan cairan sabun yang lembut. Gosok perlahan dengan jari anda. Untuk sisi-sisi yang sulit, bisa gunakan sikat gigi untuk menghilangkan noda atau kotoran yang menempel pada tepian batu bacan atau pada bagian bawah ikatannya.
  • Basuh secara merata hingga sabun luruh semua dari cincin batu akik. Rasakan permukaan batu bacan akik anda dengan jari, jika dirasa masih licin, maka lakukan basuh ulang dengan air. Jika sudah terasa kesat, itu tandanya cairan sabun sudah luruh semua.
  • Keringkan cincin menggunakan lap lembut kering atau menggunakan tisu.
  • Diamkan beberapa saat sebelum anda memakainya atau menyimpannya, untuk memastikan bahwa cincin batu bacan akik anda benar-benar telah kering.
  • Jika ingin dipakai, maka perhatikan hal-hal yang dapat merusak koleksi batu bacan anda seperti: benturan atau terjatuh yang dapat membuat goresan bahkan memecahkan batu kesayangan anda. Hindari terkena kotoran-kotoran yang sulit dibersihkan tatkala anda memakainya sambil beraktifitas atau bekerja.
  • Jika ingin disimpan, terlebih dulu taruh cincin batu bacan anda menggunakan tempat khusus perhiasan. Kemudian simpanlah dalam lemari atau tempat yang tidak lembab dengan sirkulasi udara yang baik.
  • Perhatikan permukaan batu bacan anda. Terkadang anda perlu untuk membuat kilaunya menjadi sempurna lagi. Bacan yang mulai kusam bisa anda poles lagi di tukang gosok batu akik atau anda dapat melakukannya sendiri dengan menggosok permukaan batu bacan anda pada permukaan kulit atau mengunakn kertas poles khusus akik (kertas kalkir yang mengandung serbuk intan).
cara merawat bacan
Apabila anda rajin melakukan perawatan batu akik bacan koleksi anda ini, dapat dipastikan cincin batu bacan kristal milik anda ini senatiasa terjaga kwalitasnya.

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © Cara Merawat Bacan Powered by Equatropica | Supported web Info-nya Mancing