Batu Bacan Primadona Pecinta Batu Akik


Batu Bacan dianggap batu hidup karena batu ini masih dapat berproses, maksudnya kualitas batu akan meningkat secara alami seiring waktu pemakaian atau dengan cara merawat bacan baik yang sudah jadi batu akik maupun masuh berbentuk bahan bacan.

Batu Bacan yang berasal dari Pulau Kasiruta, Halmahera Selatan, Maluku Utara merupakan batu alami jenis Chrysocolla-in-Chalcedony. Batu Bacan yang berasal dari penggalian Doko disebut Bacan Doko, sedangkan yang berasal dari Palamea disebut Bacan Palamea. Dua jenis bacan inilah yang kerap dicari para pengkoleksi batu mulia & akik, selain itu masih ada jenis-jenis lainnya seperti Bacan Obi, Bacan Gulao, Majiko, dan Blue Electric.

cara merawat bacan

Batu Bacan ini menjadi Primadona Pecinta Batu Akik karena keindahan warnanya dan keunikan karakteristik batunya yang dianggap 'hidup'. Bacan Doko berwarna indah kehijauan dan yang Palamea berwarna hijau kebiruan. Batu Bacan yang disebut super memiliki tingkat kejernihan yang tinggi (kristal), semakin bening batunya akan semakin mahal harganya untuk batu dengan ukuran sama. Harganya bisa dari 1 juta hingga ratusan juta rupiah tergantung dari ukuran besar batu dan kualitasnya.

Penggemar batu Bacan berkantong tebal tentu mudah mencari batu bacan berkualitas di toko-toko batu akik di tempat khusus penjualan batu akik seperti di Jakarta Gems Center atau JGC yang terlatak di Rawa Bening, Jatinegara atau di pusat kios batu akik lainnya seperti yang ada di Blok M Square, Grand Mall Cakung, dan masih banyak lainnya.

cara merawat bacan
Bahan batu bacan

Sedangkan penggemar batu akik kelas menengah ke bawah, biasanya lebih suka memburu Batu Bacan yang belum diolah atau biasa di sebut batu akik bahan (gemstone rough). Nantinya bahan batu bacan ini bisa di-treatment dahulu sebelum diolah menjadi perhiasan batu akik. Harga bahan batu bacan sendiri sudah cukup mahal ketimbang bahan batu jenis akik lainnya, harganya berkisar 2,5 juta s/d 3 juta per 1 kg untuk kualitas terendah, sedangkan yang super bisa mencapai ratusan juta perkilonya.

Untuk yang masih awam, agar berhati-hati karena kini banyak juga beredar batu-batu mirip bacan dan batu imitasi (masakan) yang dijual dengan menyebutnya sebagai Bacan (bacan palsu). Agar terhindar dari penipuan modus ini sebaiknya baca juga bagaimana membedakan bacan asli dengan bacan palsu.

3 comments:

  1. sedikit share bagaimana cara membedakan batu asli sama yang palsu
    bisa dilihat di
    http://tasikpedia.blogspot.com/2014/09/cara-cerdas-memilih-batu-cincin-yang.html
    terima kasih

    ReplyDelete
  2. Batu bacan blue electrik yang bagaimana Gan? agan jual Jenis Batu Bacan apa aja? kalo misa beli bahannya gimana tipsnya gan? ane suka bentuk batu gitu motong juga, hehe mohon bantuannya gan, trims

    ReplyDelete
  3. Makasih atas penjelasannya min :D sekarang ane jadi tau nih hoho

    nitip salam dari Tutorial Blogger | SEO

    ReplyDelete

 

Copyright © Cara Merawat Bacan Powered by Equatropica | Supported web Info-nya Mancing